Sabtu, 12 September 2015

manfaat daun suji,daun kersen dan daun sambung nyawa

manfaat daun suji


Suji adalah tumbuhan perdu tahunan, seringkali dimanfaatkan untuk mewarnai makanan, daun suji akan memberikan warna hijau alami pada makanan atau kue yang Anda buat. Daun suji akan memberikan warna hijau yang jauh lebih pekat dibandingkan dengan daun pandan yang juga berperan sebagai pewarna makanan alami.

Memanfaatkan daun suji sebagai pewarna makanan sudah dilakukan sejak zaman dahulu, karena dahulu tidak ada pewarna makanan buatan yang bisa digunakan untuk mewarnai makanan. Selain bermanfaat untuk mewarnai makanan, daun suji juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Inilah beberapa manfaat daun suji yang sebaiknya Anda ketahui.
Manfaat Daun Suji Untuk Kesehatan

Menambah aroma dan mewarnai makanan secara alami

Secara alami daun suji memiliki warna hijau yang cantik, yang mana bisa dimanfaatkan untuk mewarnai makanan dan berbagai adonan kue. Daun suji yang diproses dengan baik akan menciptakan warna hijau pekat, sangat cocok untuk mewarnai kue dan aneka makanan tradisonal lainnya.

Secara tidak langsung, daun suji dan daun pandan memiliki fungsi yang sama apabila digunakan untuk mengolah makanan, karena daun suji mampu menambah aroma pada suatu makanan, tidak jauh berbeda dengan daun pandan wangi. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memblender daun suji dan memeras daunnya untuk kemudian digunakan ke dalam adonan kue atau masakan lainnya yang ingin Anda warnai dengan warna hijau.

Mengobati penyakit beri-beri serta penyakit disentri

Selain bermanfaat untuk memberikan aroma sedap serta warna hijau alami pada makanan, daun suji juga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, manfaat daun suji untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mengobati penyakit beri-beri dan juga mengobati penyakit disentri. Getah alami yang dihasilkan dari daun suji memiliki berbagai khasiat, daun suji memiliki kandungan alami, seperti zat flavonoid dan juga zat saponin yang mampu membantu mengobati berbagai macam penyakit.

Sejak zaman dahulu, nenek moyang memanfaatkan daun suji sebagai tanaman obat tradisional, terutama untuk mengobati penyakit beri-beri serta penyakit disentri. Cukup dengan mengambil beberapa helai daun suji yang segar, cuci sampai bersih dan rebus daun suji tersebut bersama tiga gelas air bersih hingga airnya mendidih dan tersisa sebagiannya saja, setelah itu, saring daun suji dan biarkan hingga air dingin, dan minumlah air rebusan dari dedaunan berkhasiat itu untuk penderita disentri dan juga penderita beri-beri, setiap hari sebanyak satu kali minum.

Mengobati penyakit kencing nanah

Tidak hanya efektif untuk mengobati penyakit beri-beri atau penyakit disentri saja, daun suji juga memiliki manfaat untuk membantu mengobati penyakit kencing nanah, manfaat daun suji untuk pengobatan kencing nanah ini bisa dilakukan dengan cara merebus daun suji dan mengkonsumsi air rebusannya setiap h

Daun suji telah dibudidayakan oleh masyarakat, termasuk di Indonesia. Untuk mengembangkan tanaman ini, Anda hanya perlu melakukan okulasi. Agar tumbuh dengan baik dan menghasilkan dedaunan yang berkualitas tinggi, rawatlah tanaman ini dengan sebaik mungkin karena daun suji memiliki khasiat yang sangat beragam, entah itu sebagai perwarna dan pemberi aroma alami maupun sebagai tanaman obat yang mampu mengobati berbagai penyakit.

Manfaat daun suji yang kita kenal selama ini hanyalah sebagai pewarna dan pemberi aroma pada makanan saja, padahal masih banyak manfaat yang tersimpan di dalam daun suji, beberapanya telah disebutkan dan dijelaskan dengan singkat di atas. Manfaat daun suji sebaik mungkin, tidak hanya sebagai pewarna makanan saja.
manfaat daun kersen


Kersen merupakan sejenis pohon yang menjadi satu kesatuan dengan buahnya yang berukuran kecil, berwarna merah cerah dan berasa manis. Di berbagai daerah, mulai dari Jakarta, buah kersen juga dinamai ceri, mungkin karena bentuk dan warna buahnya yang menyerupai buah ceri.

Daun kersen terletak mendatar, helaian daunnya tidak simetris, berseling dengan tepi bergerigi serta ujung yang runcing, berwarna hijau muda. Pada umumnya, buah kersen digemari oleh anak kecil dan beberapa binatang pemakan buah bahkan kabarnya di Meksiko, buah ini diperjualbelikan sama seperti buah-buahan pada umumnya yang biasa kita lihat di toko buah.

Pohon ini bisa tumbuh liar di mana saja, entah itu di pinggir jalan maupun di depan rumah atau sengaja ditanam sebagai tanaman peneduh, buahnya berkhasiat untuk mengobati penyakit, begitu pula dedaunannya. Berikut ini beberapa manfaat daun kersen.
Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan

Mencegah pertumbuhan tumor

Selain dimanfaatkan buahnya, Anda pun bisa memanfaatkan daun kersen sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk mencegah tumor. Daun kersen memiliki kandungan flavonoid, tannin serta saponin yang efektif untuk mencegah pertumbuhan tumor. Selain itu, minum air dari rebusan daun kersen akan mencegah peradangan, inflamasi dan akan menjadi antiseptik terbaik.

Mengatasi diabetes

Khasiat daun kersen antara lain mampu mengatasi diabetes. Memanfaatkan daun kersen sebagai bahan alami untuk mengatasi gula darah tinggi telah dilakukan sejak zaman dahulu, cukup banyak ilmuwan yang telah melakukan penelitian pada daun kersen untuk mengungkap kandungan dan manfaat di dalamnya, “Daun kersen mengandung saponin serta flavonoid yang berperan sebagai antioksidan sehingga mampu menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme gula” kata Suhardjono, dosen Fakultas Kedokteran Undip.”

Menjaga fungsi otot jantung

Selain baik untuk mengatasi diabetes, daun kersen juga baik untuk menjaga fungsi otot jantung, dari sebuah penelitian telah dibutkikan jika daun kersen bekerja dengan sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

Cukup dengan rutin minum air rebusan daun kersen maka fungsi jantung akan terlindungi sehingga tidak mudah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh racun yang masuk dan tercerna ke dalam tubuh. Manfaat daun kersen untuk kesehatan jantung sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian.
Manfaat Daun Kersen Untuk Diabetes

Mengatasi kolesterol tinggi

Manfaat daun kersen untuk diabetes sudah disebutkan sebelumnya, di samping mampu mengatasi gula darah tinggi dan menjaga kesehatan fungsi otot jantung, daun kersen juga ampuh untuk mengatasi kolesterol tinggi. Cukup dengan merebus satu sampai dua genggam daun kersen yang masih segar dengan 3 gelas air putih dan rebus selama beberapa menit sampai air rebusannya tersisa setengah, setelah air rebusan matang, dinginkan dan minum air rebusan daun kersen 3x setiap harinya.

Mengatasi asam urat

Salah satu manfaat alami yang dimiliki buah kersen adalah mampu mengatasi asam urat. Selain mengambil manfaat alami yang dimiliki oleh dedaunannya, ambilah juga manfaat dari buah kersen, tidak terkecuali untuk mengatasi penyakit asam urat.

Cukup dengan mengkonsumsi 9 buah kersen segar setiap hari, di pagi, siang dan malam hari, anggaplah jika buah kersen adalah menu camilan sehari-hari, sebagai pengganti apel.Dengan mengkonsumsi buah kersen setiap harinya, tubuh akan terhindar dari serangan sakit akibat penyakit asam urat.

Manfaat daun kersen secara alami telah Anda ketahui, daun kersen bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena kaya akan kandungan alami. Manfaatkan pohon kersen sebaik mungkin untuk menjaga kesehatan badan.
manfaat daun sambung nyawa


Sambung Nyawa

Sambung nyawa salah satu kelompok tanaman toga. Tumbuhan Sambung Nyawa merupakan tanaman asli dari Mynmar dan Cina, dan tanaman ini tumbuh di beberapa Negara Asia seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand.
Tanaman Sambung Nyawa ini termasuk family Asteraceae dengan nama ilmiah: Gynura Sarmentosa DC, Calacia Procumbens Lour
Nama lainnya : Daun Dewa, Leves of the Gods, Googolipid, Mallucan Spinach, Sambung Nyawa, Am Akar, Akar sebiak, dan Kelemai merah, bai bing coa, ngokilo ( Jawa ), beluntas cina ( Melayu , shejuan jao @ fujung jao ( China )
Kegunaan Tanaman Sambung Nyawa sebagai pengobatan untuk :
Membantu Mengatasi Kanker dan Tumor, Mengatasi Batuk Sinusitis, Radang Tenggorokan, mengatasi Polip dan Amandel, Menurunkan Tekanan Darah. Membantu penyembuhan penyakit ginjal, Disentri, Infeksi Kerongkongan, Menurunkan Panas badan, Menurunkan tekanan darah dan gula darah , Mengatasi haid tidak teratur, Mengobati gigitan dari ular berbisa, Penyakit jantung, Kolesterol tinggi, Diabetes, Gangguan lambung, Radang pita suara, Radang tengkuk, Batuk dan Sinusitis.
Sedangkan umbinya untuk menghilangkan bekuan darah (haematom), pembengkakan, patah tulang, dan perdarahan setelah melahirkan.
Aturan Minum Kapsul Sambung Nyawa :
1-2 kapsul sehari sesudah makan
Cara Penyimpanan Kapsul Sambung Nyawa :
Hindari kontak langsung dari sinar matahari dan simpan ditempat yang sejuk
Sambung Nyawa
Mengatasi Kanker dan Tumor, Mengatasi Batuk Sinusitis, Radang Tenggorokan, mengatasi Polip dan Amandel, Menurunkan Tekanan Darah

ari sebanyak dua kali setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar