Jumat, 11 September 2015

petai dan jengkol

Manfaat petai


Manfaat Petai Dan Efek Sampingnya.

Di dalam kandungan Petai tersimpan zat dan nutrisi seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan bersama dengan kandungan serat alami. Kandungan nutrisi tersebut merupakan kandungan gula alami yang dapat menghasilkan energy yang cukup besar bagi yang mengkonsumsinya. Selain itu, kandungan lain di dalam Petai seperti karbohidrat, fosfor, kalium, vitamin A, zat besi dan mineralnya ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel. Maka dari itu, walaupun memiliki bau yang tak sedap tetapi Petai juga memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan.
Manfaat Petai

Manfaat mengkonsumsi petai, diantaranya yaitu :
Dapat membantu menurunkan asam lambung dan mengatasi iritasi dengan cara melapisi dalam lambung.
Mencegah dan mengatasi stress
Mencegah anemia
Mencegah sembelit
Mencegah gigitan nyamuk dan mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga dengan cara menggosokan kulit petai pada kulit.
Melancarkan buang air besar
Efek samping petai

Efek samping mengkonsumsi petai berlebihan, diantaranya yaitu :
Kandungan asam aminonya yang tinggi dapat mengganggu kesehatan ginjal, maka tidak dianjurkan bagi penderita penyakit ginjal untuk mengkonsumsi petai.
Meningkatnya asam urat dan reumatik.
Mengakibatkan pusing/sakit kepala
Bau mulut

Bagi anda yang suka dengan kedua jenis tumbuhan ini, anda harus berhati-hati jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsinya.

manfaat jengkol



Apa manfaat petai dan manfaat jengkol? ketahui juga efek samping jika berlebihan mengkonsumsinya. Petai dan jengkol merupakan jenis makanan yang hampir sama karena memiliki bau tak sedap pada saat mengkonsumsinya, tetapi kedua jenis tumbuhan ini memiliki bentuk yang berbeda. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai manfaat pete dan jengkol juga efek sampingnya bagi kita. Berikut informasinya.
Manfaat Jengkol dan Efek Sampingnya

Jengkol merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terdapat diwilayah Asia Tenggara, tumbuhan ini memiliki nama latin Archidendron Pauciflorum. Jengkol masih termasuk kedalam golongan polong-polongan yang berbentuk gepeng membentuk spiral, warna buahnya cokelat mengkilap dan di lapisi kulit ari tipis. Namun sayang jengkol memiliki bau yang tidak enak dan juga dapat menimbulkan bau tak sedap pada urin setelah mengkonsumsinya, apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan.

Walaupun begitu ternyata banyak orang yang menyukainya terlebih jika diolah menjadi suatu masakan dengan bumbu rempah-rempah, sehingga jengkol dapat menjadi masakan yang lezat. Selain itu, mengkonsumsi jengkol juga ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan.
Manfaat jengkol
Dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar atau cuci perut
Mengkonsumsi jengkol juga ternyata dapat mencegah diabetes atau kencing manis
Dapat mencegah resiko terkena penyakit jantung koroner
Membuang racun-racun berbahaya di dalam tubuh

Walaupun mengkonsumsi jengkol ada manfaatnya bagi kesehatan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan kita.
Efek samping jengkol

Efek samping mengkonsumsi jengkol berlebihan, diantaranya yaitu :
Jika mengkonsumsi jengkol berlebihan dapat menyebabkan susah buang air kecil dan disertai rasa nyeri. Untuk mengatasinya, sangat disarankan untuk minum air putih yang banyak.
Mengkonsumsi jengkol sudah pasti akan menyebabkan bau mulut, karena bau khasnya yang dapat menyebabkan bau mulut dan bau pada saat buang air kecil.

0 komentar:

Posting Komentar